Kamis, 13 Maret 2008

Apakah itu Cadangan Asuransi Jiwa ?



Cadangan dalam asuransi jiwa merupakan salah satu bagian penting dalam pengelolaan sebuah asuransi jiwa. Menurut pemahaman saya, Cadangan adalah sejumlah dana yang dihitung berdasarkan prinsip aktuaria yang akurat yang dianggap sebagai hak dari nasabah yang di janjikan pada perjanjian awal kontrak sebuah asuransi dana tersebut juga dipersiapkan untuk klaim yang akan terjadi.


Mengapa cadangan dianggap penting ? . Pertama, dengan adanya cadangan perusahaan asuransi telah mengakui kewajiban nya terhadap pemegang polis sehingga pemegang polis tidak perlu takut untuk mengasuransikan dirinya dalam sebuah perusahaan asuransi. Kedua, Dalam pencatatan akuntansi sebuah perusahaan Asuransi cadangan dimasukkan dalam bagian pasiva atau kewajiban sehingga besarnya cadangan dapat mempengaruhi besarnya surplus atau laba dari sebuah perusahaan asuransi. Hal ini mengindikasikan jika nilai cadangan tidak menggunakan prinsip aktuaria yang akurat dan relevan maka dapat menyebabkan sebuah perusahaan asuransi mengalami kerugian atau keuntungan yang tidak seharusnya.


Karakteristik cadangan dibedakan menurut jenis produk asuransi. Cadangan untuk asuransi jiwa tradisional akan sangat beda dengan besarnya dengan cadangan produk unit link. Untuk produk tradisional pun masih memiliki beberapa karakteristik yang berbeda.

Tidak ada komentar: